Lahan Pertanian Semakin Kesini Semakin Sempit, Kenapa Ya?

Eratani / 21 Juli 2022

Apakah kamu sadar di beberapa daerah di Indonesia lahan pertanian semakin sempit? Jika kita lihat dari banyaknya penyebab lahan pertanian semakin sempit, penyebab utamanya adalah karena, perubahan fungsi lahan atau istlahnya adalah alih fungsi lahan. Sehingga hal ini menyebabkan lahan pertanian seperti sawah, berubah menjadi lahan yang tidak produktif. 

Makin sempitnya lahan pertanian tentu ditandai dengan berkurangnya aktivitas produksi pertanian, dari awalnya ada kegiatan usahatani kemudian berubah menjadi kegiatan lain diluar usahatani. Akibat dari alih fungsi lahan pertanian, tidak jarang petani yang beralih profesi karena, dinilai tidak menguntungkan atau seringkali rugi. Mayoritas petani yang beralih profesi, bekerja pada industri dan pabrik. Atau ada yang melakukan urbanisasi ke kota.

Penyebab lahan pertanian menjadi sempit diantaranya adalah pembangunan perumahan pada lahan pertanian. Bertambahnya jumlah penduduk berbanding lurus dengan kebutuhan tempat tinggal. Sehingga, bisnis properti atau perumahan semakin membludak. Petani yang diimingi harga tinggi akhirnya menjadi tergoda untuk menjual sawah miliknya kepada developer. 

Lalu penyebab lainnya adalah pendirian pabrik di daerah pedesaan sehingga, lahan pertanian banyak yang diambil alih. Murahnya biaya tenaga kerja di pinggiran kota tentu berpengaruh terhadap biaya produksi yang rendah. Maka tak jarang pada beberapa daerah di Indonesia, lahan pertanian berubah menjadi kawasan pabrik. 

Kemudian, lahan pertanian dibebaskan untuk projek pemerintah. Seringkali proyek pemerintah seperti jalan tol, bandara, sekolah, atau yang lainnya “memaksa” petani untuk melepasnya. Semakin banyak proyek setiap tahunnya, maka akan semakin banayk pula lahan pertanian yang beralih fungsi. 

Referensi: Belajartani.com
 

Bagikan Postingan Ini

Lihat Artikel Lainnya