Peran IT Dalam Sektor Pertanian Di Era Industri 4.0

Eratani / 21 Juli 2022

Di era industri 4.0, informasi teknologi (IT) berperan penting dalam segala bidang. Informasi teknologi memudahkan manusia dalam memproduksi, mengolah data dan menyebarkan informasi, tak terkecuali sektor pertanian. Kata ‘pertanian’ dan ‘Indonesia’ seakan tak terpisahkan karena, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara agraris. Oleh karena itu pertanian memegang peranan penting dalam memajukan perekonomian masyarakat Indonesia. Sektor pertanian Indonesia tidak pernah lepas dari permasalahan yang setiap tahunnya selalu menjadi hambatan bagi para petani. Salah satu permasalah sektor pertanian di Indonesia adalah mengenai teknologi pertanian. 

Menurut Dedi Nursyamsi, selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), menyebutkan bahwa inovasi teknologi berikut sumber daya manusia dan infrastruktur menjadi faktor penting dari efisiensi dan daya saing di sektor pertanian. Ia mengaskan bahwa perlunya SDM yang andal dan profesional dalam mengimplementasikan inovasi teknologi di lapangan. 

Beliau juga menambahkan bahwa tenaga penyuluh pertanian harus meningkatkan kemampuan diri (upgrade) dalam bidang informasi teknologi (IT) dan penerapan teknologinya. Sehingga pada era industri 4.0 seperti saat ini, dengan terciptanya teknologi informasi pada sektor pertanian, menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dengan cara kerja yang efisien.

Sebagai contoh adalah teknologi sensor. Teknologi sensor dapat memberikan data yang konkrit dan real time terhadap para petani. Teknologi sensor yang sedang dikembangkan saat ini adalah teknologi sensor bagi tanaman yang memanfaatkan drone untuk mendapatkan beragam data, seperti pertumbuhan hama, penyakit, dan permasalahan lainnya.

Teknologi ini banyak dikembangkan di pertanian tanaman hortikultura dalam skala besar. Dengan adanya teknologi ini, penggunaan pestisida dan bahan kimia lainnya dapat lebih terarah dan efisien, sehingga mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

Dengan adanya peran IT dalam sektor pertanian maka diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian, serta memudahkan bagi para pengelola sektor pertanian untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal.

Referensi: Pertanianku, Agricsoc 
 

Bagikan Postingan Ini

Lihat Artikel Lainnya